Jumat, 20 Januari 2012

Teknik memancing ikan air tawar( bongak).

Teknik memancing ikan air tawar tidak terlalu rumit sebagaimana jika kita belajar tentang teknik memancing. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti bahwa memancing di air tawar jauh lebih mudah dari pada memancing di tengah laut.

Teknik memancing ikan air tawar dan di laut adalah bahwa jenis medan dan ikan yang dihadapi, tentu tidak sama. Sehingga membutuhkan penanganan yang tersendiri untuk memancing di dua lokasi tersebut. Hal utama yang membedakan selain jenis ikan yang diincar, juga jenis airnya. Dimana untuk memancing di air tawar, kondisi air yang dihadapi cenderung lebih tenang, daripada jika memancing di kawasan laut yang memiliki kecenderungan air bergelombang.

Bahkan teknik memancing ikan air tawar di kawasan danau dan sungai-sungai besar memiliki karakteristik yang berbeda. Memancing di daerah danau, cenderung dengan theknik casting. Sebab, danau yang memiliki wilayah luas, tentu membutuhkan joran pancing yang panjang dan ringan. Tujuannya, agar kita bisa melepas umpan bohongan/Mino sejauh mungkin.

Sedangkan untuk teknik memancing ikan sungai besar seperti Kapuas, berbeda dengan teknik memancing di Danau. Jika ingin memancing ikan besar di Sungai Kapuas Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat memerlukan Joran/ Rod yang cukup kuat karena ikan dikawasan Kalimantan barat ini sangat memuaskan untuk yang hobby memancing.(IKAN BONGAK)Saya adalah salah satu bagian dari Team mincing SFT (Sekadau Fishing Team) mengakatakn kalau sungai Kapuas itu merupakan spot ikan terhandal.

Gambar dibawah ini adalah hasil dari senior-senior pemancing SFT (Sekadau Fishing Team)




Berat Ikan : 28 kg.
Kawasan Spot Kab.Sekadau Kalimantan Barat.

Perlengkapan yang digunakan:

1. Joran Kamekaze 1,5 M dengan
    
2. Line PE 6

3. Kail/ mata pancing 12.

4. Umpan menggunakan Bakwan.

5. Timbal/ pemberat 1,5 ons.

6. Reel Cendo 10000.

Teknik memancing Ikan Bongak ini perlu kesabaran, karena ikan ini termasuk ikan pemalas. Ikan sejenis Bongak ini tergolong ikan yang tidak terlalu agresif saat di dapatkan. Ikan jenis Bongak ini banyak terdapat di Kawasan Sekadau Kalimantan Barat, ikan ini mampu mencapai 120 kg, ikan ini mau memakan apa saja seperti buah kelapa sawit, bakwan, biji-bijian seperti biji durian salak, dll.


THEKNIK MEMANCING IKAN BONGAK:

1.Lempar pancing anda sekuat mungkin yang sudah dipasangi umpan sampai ketengah Sungai Kapuas.

2.Lalu tancapkan pancingan anda dilubang-lubang tempat menyimpan yang enak.

3. Putar setelan Spul Reel anda sampai dapat tertarik ikan, setelan Reelnya jangan disamakan dengan setelan memancing dilaut.

4.Tunggu saja yang sabar sampai umpan anda disambar ikan-ikan besar.


PERLENGKAPAN PANCING:


1. Joran anda harus kuat untuk mengangkat ikan besar, jangan lupa ujung joran anda jangan terlalu kaku dan jangan terlalu lentur.


2. Reel gunakan Reel yang kapasitasnya diatas 5000.


3. Line gunakan senar PE 5-6.


4. Mata pancing gunakan yang ukuran 12 keatas.


5. Timbale/ batu pemberat gunakan 1,5 ons ke atas, karena sungai Kapuas ini lumayan arusnya.


6. Umpan gunkan Bakwan, perkedel, Bala-bala.


Selamat Mencoba ya, semoga berhasil….SALAM SFT (Sekadau Fishing Team)

10 komentar:

  1. Balasan
    1. hahahaha Gak seberapa Bos.........!!!!!!

      Hapus
  2. daerah saya di kapuas juga byk bongak...gimana supaya gak sering sangkut mancingnya,,,soalnya sini klu banjir lempar jauh pasti sangkut,smungkin airnya deras jadi tali kena kayu..klu gak banjir gak sangkut...ada solusinya...

    BalasHapus
  3. ko, kapan ada trip mancing ke laut? ikut dong, tapi pas libur sekolah.. from atrox computer sekadau

    BalasHapus